LPM Gelar Pendampingan Penyusunan RPS Berbasis OBE untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran

29 Agustus, 2024 oleh
mahyuddin
| No comments yet

Humas IAIN Parepare – Dalam rangka meningkatkan kualitas pembelajaran, Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) IAIN Parepare melaksanakan kegiatan pendampingan penyusunan Rencana Pembelajaran Semester (RPS) berbasis Outcome-Based Education (OBE). Kegiatan ini berlangsung pada tanggal 28-29 Agustus 2024 dan diikuti oleh dosen dari berbagai program studi di lingkungan IAIN Parepare.

OBE adalah pendekatan pendidikan yang menekankan pada pencapaian hasil belajar atau kompetensi yang diharapkan dari mahasiswa setelah menyelesaikan suatu program studi. Dalam implementasinya, RPS berbasis OBE dirancang untuk memastikan bahwa proses pembelajaran berfokus pada capaian pembelajaran lulusan (CPL) yang sesuai dengan kebutuhan dunia kerja dan industri.

Ketua LPM IAIN Parepare, Dr. Muhammad Qadaruddin, M.Sos.I, mengatakan pendampingan ini merupakan langkah strategis untuk mengintegrasikan OBE dalam kurikulum di seluruh program studi. "Kami ingin memastikan bahwa setiap RPS yang disusun oleh dosen-dosen di IAIN Parepare sudah sesuai dengan prinsip-prinsip OBE dan selesai sebelum dimulai perkuliahan," ujarnya.

Kegiatan ini merupakan program Pusat Pengembangan Kurikulum dan SDM pada LPM, pendampingan intensif kepada para dosen bertujuan untuk memastikan RPS yang telah disusun para dosen telah sesuai standar terutama CPL, CPMK, tujuan pembelajaran, metode pengajaran, hingga merancang asesmen yang tepat.

Salah satu dosen yang mengikuti kegiatan ini, Novia M.Pd., mengungkapkan bahwa pendampingan ini sangat membantu dalam memahami konsep OBE dan penerapannya dalam pembelajaran.

"Dengan pendampingan ini, kami menjadi lebih siap untuk menyusun RPS yang tidak hanya memenuhi standar akademik, tetapi juga mampu membekali mahasiswa dengan keterampilan yang dibutuhkan di dunia nyata," ungkapnya.

Dengan terlaksananya pendampingan ini, LPM IAIN Parepare optimis bahwa implementasi OBE di kampus akan berjalan lancar dan memberikan dampak positif bagi peningkatan mutu pendidikan serta daya saing lulusan di tingkat nasional maupun internasional (Mhy/Mif).

 

di dalam Berita
mahyuddin 29 Agustus, 2024
Label
Arsip
Masuk to leave a comment