121 Calon Maba IAIN Parepare Ikut Ujian CBT Mandiri Reguler

2 Agustus, 2024 oleh
Nur Aeni K
| No comments yet

HUMAS IAIN Parepare -- Pelaksanaan Ujian Lokal Jalur Mandiri Reguler Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Parepare dilaksanakan hari ini, Jumat (02/08/14) di Perpustakaan Lantai 4. Ujian ini berlangsung hikmat dan lancar tanpa ada kendala apapun.

Jalur Mandiri Reguler ini merupakan salah satu jalur penerimaan mahasiswa baru (maba). Sebelumnya telah didahului jalur SPAN, UM-PTKIN, Jalur Mandiri Prestasi, Bibit Unggul dan Afirmasi.

Sebanyak 121 peserta ujian mengikuti tes Computer Based Test (CBT). Sebelum tes, peserta diwajibkan membawa kartu tes, identitas diri serta berkas yang telah diunggah di laman pendaftaran.

Pelaksanaan Ujian CBT ini dibagi dalam tiga sesi, Sesi 1 mulai pukul 08:00 - 09:30 diikuti sebanyak 40, Sesi 2 mulai 10:00 - 11:30 diikuti sebanyak 40 peserta dan Sesi 3 mulai pukul 13:30 - 15:00 - diikuti sebanyak 40 peserta.

Selama 90 menit, peserta dihadapkan pada 100 soal Tes Potensi Akademik (TPA) yang terdiri dari penalaran Matematika, penalaran akademik, Literasi membaca, dan literasi ajaran Islam. Ujian ini bertujuan untuk mengukur kemampuan dan kesiapan akademis calon mahasiswa yang ingin melanjutkan studi di IAIN Parepare.

Setelah ujian, peserta juga langsung mengikuti wawancara dan didampingi oleh orang tua atau wali dari peserta. Wawancara ini bertujuan untuk mengetahui batas standar kemampuan keuangan keluarga sang calon mahasiswa sebagai dasar penentuan UKT.

Hadir memantau pelaksanaan tes mandiri Wakil Rektor Bidang Akademik dan Pengembangan Kelembagaan (APK), Dr. H. Saepudin, M.Pd. 

Pemantauan dilakukan untuk memastikan bahwa pelaksanaan ujian berjalan lancar. Saepudin juga mengimbau kepada peserta untuk tetap tenang dan fokus dalam mengikuti ujian. Karena, menurutnya, ujian CBT ini menjadi penentuan kelulusan calon mahasiswa sesuai program studi yang peserta inginkan.

Saepudin menegaskan bahwa seluruh peralatan CBT berfungsi dengan baik. "Kami ingin memastikan bahwa pelaksanaan ujian CBT berjalan lancar. Semua peserta dapat mengikuti ujian tanpa ada kendala teknis" ujarnya.

Hasil pelaksanaan Ujian Mandiri Reguler ini akan diumumkan pada tanggal 6 Agustus 2024 melalui laman https:pmb.iainpare.ac.id bagi peserta yang dinyatakan lulus. (eny/alf)


di dalam Berita
Nur Aeni K 2 Agustus, 2024
Label
Arsip
Masuk to leave a comment