Tryout CPNS Hari Kedua, 200 Peserta Dalami Materi TIU dan Bahasa Indonesia

1 Oktober, 2024 oleh
Irmawati
| No comments yet

Humas IAIN Parepare - Ratusan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) kembali mengikuti rangkaian Tryout yang diselenggarakan oleh Career Development Center (CDC) IAIN Parepare yang bekeja sama dengan LK Panrita. Kegiatan yang berlangsung selama tiga hari ini bertujuan untuk membekali para peserta dengan strategi jitu menghadapi seleksi ASN.

Pada hari kedua, Selasa (01/10/2024) yang dihadiri oleh 200 peserta di Gedung Balai Seni dan Budaya, Rektor IAIN Parepare, Prof. Hannani bersama Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan dan Kerja Sama, M. Ali Rusdi, memberikan semangat dan motivasi kepada para peserta. 

Rektor IAIN Parepare, Prof Hannani, menyampaikan pentingnya persiapan yang matang, termasuk latihan soal secara rutin dan menjaga kesehatan. Ia juga memberikan tips mengenai strategi belajar yang efektif, seperti sering berlatih soal, melakukan survei soal-soal sebelumnya, dan mengatur irama saat mengerjakan soal.

Selain itu, Prof. Hannani juga mengingatkan akan pentingnya dukungan spiritual dalam menghadapi ujian CPNS. Ia menyampaikan pesan mendalam tentang kekuatan doa, khususnya doa restu dari kedua orang tua. "Doa orang tua itu sangat mustajab, seperti doa para nabi," ujar Prof Hannani. 

Hal ini menunjukkan bahwa kesuksesan tidak hanya ditentukan oleh persiapan akademik, tetapi juga oleh dukungan spiritual dan restu dari orang-orang terdekat.

Sementara itu, Wakil Rektor III, M. Ali Rusdi, menyarankan para peserta untuk memanfaatkan berbagai sumber belajar, termasuk media sosial, untuk memperkaya pengetahuan. 

"Hal terpenting adalah memahami konsep, pola, serta trik. Jika itu sudah dikuasai, maka insyaallah akan mudah menaklukkan CAT dan Mouse," ungkapnya.

Pada sesi Tryout hari kedua, suasana belajar yang serius namun tetap kondusif, para peserta tampak antusias mengikuti pemaparan materi dari para dosen ahli. Suhartina, salah satu dosen Bahasa Indonesia, membawakan materi Bahasa Indonesia yang mencakup pemahaman teks, tata bahasa, dan analogi. Sedangkan Zulfikar Busrah menyampaikan materi TIU yang meliputi pola logika, numerik, dan kemampuan berpikir analitis.

Kegiatan Tryout akan dilanjutkan pada hari ketiga secara daring. Peserta akan mendapatkan pembahasan materi dan soal yang lebih mendalam. Diharapkan dengan adanya kegiatan ini, para peserta dapat lebih siap dan percaya diri dalam menghadapi seleksi ASN yang sesungguhnya. (wan,irm/mif)

di dalam Berita
Irmawati 1 Oktober, 2024
Label
Arsip
Masuk to leave a comment