Sirajuddin, Staf IAIN Parepare Kaji Komunikasi Dakwah Anregurutta H. Abdul Malik Muhammad

11 Juli, 2024 oleh
saidinhamzah
| No comments yet

Humas IAIN Parepare— Sirajuddin, mahasiswa Pascasarjana Institut Agama Islam Negeri Parepare mengikuti Ujian Hasil Penelitian Tesis, Rabu, (10-07-2024),

di lantai 1 gedung pascasarjana. Acara ini menjadi momentum penting bagi mahasiswa untuk mempertahankan hasil penelitian lapangan mereka sebelum memasuki ujian akhir.


Sirajuddin, seorang staf di IAIN Parepare, mengangkat topik menarik tentang pendekatan komunikasi dakwah Anregurutta Haji Abdul Malik Muhammad dalam perubahan sosial keagamaan masyarakat Belawa. Penelitiannya menyoroti strategi dakwah yang penuh keramahan dan ajakan yang mencerahkan, bukan mengejek atau meresahkan. Pendekatan yang digunakan Anregurutta meliputi metode sipakainge (saling mengingatkan), siamasei(saling menyayangi), dan ada tongeng (perkataan yang benar).


Menurut Sirajuddin, dakwah Anregurutta Haji Abdul Malik Muhammad menggunakan dua media utama, yaitu masjid Darussalam dan Madrasah Arabiyah Islamiya. Kedua media tersebut sebagai sarana untuk menyebarkan ajaran-ajaran agama. Hasil penelitiannya menunjukkan bahwa dakwah ini telah berhasil mengubah masyarakat Belawa secara signifikan, terutama dalam hal transformasi nilai-nilai keagamaan, pergeseran pola interaksi sosial keagamaan, dan penguatan praktik keagamaan.


Dewan penguji  pada kegiatan tersebut adalah  Prof. Dr. H. Abd. Rahim Arsyad, M.A., Dr. Muhammad Qadaruddin, M.Sos.I., sementara  pembimbingnya adalah Dr. A. Nurkidam, M. Hum., dan Dr. Ramli, S.Ag., M.Sos.I. Peran mereka sangat penting untuk memastikan penelitian memenuhi standar akademik yang tinggi.


Sirajuddin menyampaikan rasa lega dan puas setelah berhasil mempresentasikan penelitiannya. "Proses penelitian dan penulisan tesis ini sangat menantang, jauh berbeda dengan masa strata 1. Saya sangat berterima kasih atas bimbingan dosen dan dukungan teman-teman. Semoga ujian selanjutnya dipermudah," ujarnya.


Dengan selesainya ujian hasil tersebut, mahasiswa Pascasarjana IAIN Parepare dapat segera melengkapi dan memperbaiki masukan serta saran dari dewan pembimbing dan penguji. Langkah ini diharapkan dapat mempercepat mereka menuju sesi ujian tutup. Penelitian Sirajuddin diharapkan memberikan kontribusi positif bagi masyarakat dan dunia akademik. (Shz/Tin)

di dalam Berita
saidinhamzah 11 Juli, 2024
Label
Arsip
Masuk to leave a comment