Majdy Amiruddin Tekankan Pentingnya Publikasi Pengabdian Mahasiswa

2 July, 2024 by
fikruzzamansaleh
| No comments yet

Humas IAIN Parepare--- Auditorium Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Parepare dipenuhi oleh 1195 mahasiswa yang antusias mengikuti kegiatan pembekalan Kuliah Kerja Nyata (KKN) tahun 2024. M. Di dalam pembekalan ini Majdy Amiruddin, Kepala Pusat Publikasi dan Penerbitan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) IAIN Parepare menekankan pentingnya KKN, karena merupakan wujud nyata pengabdian Mahasiswa kepada Masyarakat. Pada presentasinya, Majdy menyampaikan bahwa KKN bukan hanya syarat akademik, tetapi juga sarana untuk mengaplikasikan ilmu yang telah diperoleh selama kuliah ke dalam kehidupan masyarakat. Selain itu, Ia menekankan pentingnya publikasi hasil pengabdian untuk mendokumentasikan dan menyebarluaskan manfaat kegiatan tersebut.




Terkhusus pada sesi yang dibawakan oleh Majdy, Mahasiswa menerima materi tentang proses penulisan dan penerbitan buku ilmiah, teknik penulisan yang baik, dan cara menghindari plagiarisme. Ia juga membahas jenis-jenis buku ilmiah, seperti buku teks, monografi, dan buku referensi, serta memberikan tips meningkatkan produktivitas dalam menulis. Materi lainnya mencakup pentingnya publikasi hasil pengabdian, cara menulis laporan KKN yang baik, dan proses pengajuan laporan untuk diterbitkan di jurnal ilmiah. Selain itu, Majdy juga memberikan panduan mencari sumber pendanaan buku, seperti dana hibah penelitian, sponsor, dan crowdfunding, serta cara mengajukan proposal pendanaan yang efektif.


Majdy menekankan bahwa publikasi hasil pengabdian sangat penting untuk mendokumentasikan pengalaman dan pengetahuan yang diperoleh selama KKN. Ia mendorong Mahasiswa untuk menulis laporan yang komprehensif dan analitis, serta mengajukan laporan tersebut untuk diterbitkan di jurnal ilmiah atau media lainnya. Upaya ini akan membuat hasil KKN tidak hanya bermanfaat bagi masyarakat tempat KKN dilaksanakan, tetapi juga dapat memberikan kontribusi bagi perkembangan ilmu pengetahuan secara lebih luas.



Di dalam menyajikan materi penulisan dan publikasi ini, Majdy memberikan beberapa saran dan tips. Pertama, Ia menyarankan Mahasiswa untuk memulai dengan membuat kerangka tulisan yang jelas dan terstruktur. Kedua, Ia menekankan pentingnya melakukan riset yang mendalam dan menggunakan sumber-sumber yang kredibel. Ketiga, Ia mengingatkan mahasiswa untuk selalu mengecek kembali tulisan mereka untuk memastikan tidak ada kesalahan tata bahasa atau plagiarisme. Majdy juga menyarankan mahasiswa untuk meminta masukan dari Dosen Pembimbing atau teman sejawat untuk memperbaiki kualitas tulisan mereka.


Pada sesi tanya jawab, para Mahasiswa tampak antusias mendalami pemahaman tentang tugas dan tanggung jawab selama KKN. Majdy memberikan motivasi agar Mahasiswa memberikan kontribusi terbaik selama KKN dan menjadi agen perubahan di Masyarakat. "KKN adalah kesempatan emas untuk berkontribusi nyata dan belajar dari kehidupan sosial secara langsung," ujarnya. Ia juga mengingatkan pentingnya menjaga nama baik almamater selama menjalani KKN.


Kegiatan pembekalan ini merupakan bagian dari upaya IAIN Parepare untuk memastikan kesiapan Mahasiswa dalam menghadapi tantangan di lapangan serta meningkatkan kualitas pelaksanaan KKN. Melalui pembekalan yang komprehensif, diharapkan Mahasiswa IAIN Parepare dapat menjalani KKN dengan baik, membawa manfaat bagi Masyarakat, dan menghasilkan publikasi yang memberikan kontribusi nyata bagi perkembangan ilmu pengetahuan dan kesejahteraan Masyarakat.(Hrm/Fzs/Srh)

in News
fikruzzamansaleh 2 July, 2024
Tags
Archive
Sign in to leave a comment