Mahasiswa KKN Reguler Angkatan 35 Posko 72 Gagas Kolaborasi Sosial di Desa Beroangin, Kec. Mapilli, Kab. Polman

12 Juli, 2024 oleh
fikruzzamansaleh
| No comments yet

Humas IAIN Parepare--- Pada pukul 08:30 hingga 12:30 WITA, Mahasiswa KKN Reguler Angkatan 35 Posko 72 melaksanakan kegiatan observasi dan audiensi di Desa Beroangin, Kecamatan Mapilli, Kabupaten Polewali Mandar. Kegiatan ini bertujuan untuk memahami permasalahan yang ada di masyarakat serta menjadikannya sebagai program kerja selama masa pengabdian mereka.

Desa Beroangin merupakan salah satu desa di Kecamatan Mapilli yang terdiri dari empat dusun, yakni Dusun Lelo, Dusun Indo Andi, Dusun Beroangin, dan Dusun Simbayu. Observasi ini dilakukan di Dusun Beroangin dan Dusun Indo Andi. Melalui kegiatan ini, mahasiswa berusaha untuk mengetahui lebih dalam mengenai situasi dan kondisi yang dihadapi oleh masyarakat setempat.


Kegiatan observasi dan audiensi ini melibatkan 17 peserta, terdiri dari 15 Mahasiswa KKN dan 2 Narasumber yaitu Kepala Dusun Indo Andi, Jumaidi, dan Pengurus TPA Dusun Beroangin, Jamalia. Para Mahasiswa KKN melakukan audiensi dengan Warga Dusun Indo Andi untuk memahami perkembangan dusun tersebut serta meminta izin kepada pengurus TPA di Dusun Beroangin untuk dapat belajar bersama dengan anak-anak TPA.

Di dalam audiensi tersebut, Jumaidi, Kepala Dusun Indo Andi, memberikan gambaran mengenai latar belakang Masyarakat Indo Andi serta mata pencaharian mereka. Ia menyatakan dukungannya terhadap kegiatan yang akan dilaksanakan oleh Mahasiswa KKN IAIN Parepare. “Kami sangat mendukung penuh kegiatan yang nantinya dilaksanakan oleh KKN 35 IAIN Parepare. Kegiatan ini sangat bermanfaat bagi masyarakat kami,” ujarnya.


Sementara itu, Jamalia, pengurus TPA Dusun Beroangin, sangat mengapresiasi inisiatif Mahasiswa KKN untuk melaksanakan kegiatan belajar mengajar di tempatnya. “Kegiatan belajar mengajar yang akan dilaksanakan oleh Mahasiswa KKN IAIN Parepare sangat kami apresiasi. Ini akan sangat bermanfaat bagi anak-anak di TPA kami,” katanya.

Kegiatan ini berjalan dengan lancar berkat kerjasama yang baik antara Mahasiswa KKN dengan Masyarakat setempat. Selain itu, kegiatan ini juga bertujuan untuk menjalin silaturahmi dengan warga lokal dan para kepala dusun di Desa Beroangin, sehingga diharapkan dapat memberikan manfaat bagi anak-anak di TPA serta masyarakat secara umum.

Harapan besar dari kegiatan ini adalah terciptanya hubungan yang erat antara mahasiswa KKN dan masyarakat Desa Beroangin. Mahasiswa KKN diharapkan mampu menjadi agen perubahan yang positif bagi masyarakat, serta memberikan kontribusi nyata dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan dan kehidupan di Desa Beroangin, Kecamatan Mapilli, Kabupaten Polewali Mandar. (Fzs/Srh)


di dalam Berita
fikruzzamansaleh 12 Juli, 2024
Label
Arsip
Masuk to leave a comment