LPM Rapat Koordinasi Bahas Perumusan dan Pelaksanaan MBKM Semester Gasal 2024/2025

16 Juli, 2024 oleh
mahyuddin
| No comments yet

Humas IAIN Parepare_Dalam upaya terus mendorong inovasi dan adaptasi terhadap kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) IAIN Parepare melalui Pusat Pengembangan Kurikulum dan SDM melaksanakan rapat koordinasi  dengan seluruh ketua prodi lingkup IAIN Parepare, Senin (16/07/2024) di Ruang AL LPM IAIN Parepare.

Kepala Pusat Pengembangan Kurikulum dan SDM, Fajriyani mengungkapkan rapat koordinasi ini merupakan persiapan pelaksanaan MBKM Mandiri (Inbound dan Outbound) antar PTKIN dan antar prodi di lingkup IAIN Parepare semester gasal T.A 2024/2025

Pembahasan utama rapat ini meliputi perencanaan implementasi program MBKM secara in-bound atau internal kampus. “Tim sedang menyusun kebijakan yang ketat terkait dengan ini, mencakup aspek penilaian, teknis di sistem, hingga teknis penugasan dosen dan penulisan output pembelajaran,” ungkapnya.

Rumusan penting dalam rapat ini adalah, pentingnya orientasi semua mata kuliah yang diambil harus relevan dengan Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) dan Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) serta setiap semester. Kemudian, prodi perlu menargetkan mahasiswa minimal 10% untuk melakukan program MBKM minimal 10 sks.

Mahasiswa  bisa mendaftar MBKM mata kuliah di luar program studi mereka melalui pendaftaran di platform Merpati, di mana mahasiswa dapat mendaftar mata kuliah lintas fakultas dan proses penilaian akan mengambil data dari Merpati dan diintegrasikan ke dalam portal Sistem Informasi Akademik (SIA).

Adapun pemilihan lokasi MBKM akan melalui dua model yaitu pemilihan lokasi dengan instansi yang telah dilakukan kerjasama/mitra dan pilihan lokasi dari mahasiswa yang memprogramkan MBKM.

Dengan adanya rapat ini, diharapkan implementasi MBKM di IAIN Parepare dapat berjalan dengan lancar, mengembangkan kompetensi mahasiswa, memberikan manfaat maksimal bagi mahasiswa untuk meraih pendidikan yang berkualitas, serta meningkatkan kompetensi mereka baik hard skill maupun soft skill di era global saat ini (Mhy/Mif).



di dalam Berita
mahyuddin 16 Juli, 2024
Label
Arsip
Masuk to leave a comment