KKN IAIN Parepare Bersihkan Masjid Jami' Nurul Yaqin, Masjid Bersejarah di Desa Bala

14 Juli, 2024 oleh
fikruzzamansaleh
| No comments yet

Humas IAIN Parepare---Semangat gotong royong mewarnai kegiatan Jumat Bersih di Desa Bala, Kecamatan Balanipa, Kabupaten Polewali Mandar. Pagi ini, tak hanya warga desa yang berbondong-bondong ke Masjid Jami' Nurul Yaqin, melainkan terlibat pula para Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Reguler Angkatan 35 IAIN Parepare Posko 41. Jumat (12-07-2024)

Bagi para Mahasiswa KKN, Jumat Bersih bukan hanya kegiatan rutin desa, tetapi juga kesempatan untuk menjalin kedekatan dengan masyarakat dan melestarikan budaya gotong royong.


Bersama-sama, mereka bahu membahu membersihkan masjid dan wilayah sekitarnya. Tak ada sekat usia dan status sosial dalam kegiatan ini. Semua bersatu padu, dari anak-anak hingga orang tua, dari pemuda hingga pemudi.

Masjid Jami' Nurul Yaqin bukan sembarang masjid. Masjid ini merupakan salah satu masjid tua di Desa Bala dan memiliki nilai sejarah yang tinggi, karena di masjid ini terdapat makam imam pertama desa.

Menjaga kebersihan masjid merupakan bentuk penghormatan terhadap para leluhur dan bentuk kecintaan terhadap tempat ibadah.

Kegiatan ini disambut baik oleh masyarakat Desa Bala.

"Kami sangat senang dengan kedatangan para Mahasiswa KKN dan partisipasi mereka dalam membersihkan masjid," ujar salah satu warga desa.

Abdul Basit Kepala Desa Bala pun menyampaikan apresiasi kepada para Mahasiswa KKN.

"Saya berharap kegiatan ini dapat terus berlanjut dan menjadi motivasi bagi Masyarakat untuk selalu menjaga kebersihan masjid dan lingkungan desa," ujarnya.


Bagi para Mahasiswa KKN, kegiatan ini merupakan pengalaman yang berharga.

"Kami belajar banyak tentang budaya dan tradisi masyarakat Desa Bala," ujar salah satu mahasiswa KKN.

Jumat Bersih di Desa Bala bukan hanya membersihkan masjid, tetapi juga mempererat tali persaudaraan antarwarga dan menumbuhkan rasa cinta terhadap tempat ibadah, begitupun dengan nilai-nilai sejarah. (Fzs/Srh)


di dalam Berita
fikruzzamansaleh 14 Juli, 2024
Label
Arsip
Masuk to leave a comment