HMPS PAI IAIN Parepare Sukses Gelar PkM di Gattareng Soppeng

24 Juli, 2024 oleh
Irmawati
| No comments yet

Humas IAIN Parepare -- Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) Pendidikan Agama Islam (PAI) Fakultas Tarbiyah sukses menggelar kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) bertajuk PAI Dedication 2024 di Desa Gattareng, Kabupaten Soppeng. Kegiatan ini berlangsung selama delapan hari. Mulai 13 hingga 20 Juli 2024 dengan fokus pada pemberdayaan masyarakat melalui kontribusi nyata mahasiswa.


PAI Dedication 2024 terbagi menjadi dua fokus utama. Pertama, mahasiswa PAI mengabdikan diri di MI DDI Abbarange selama empat hari, dari tanggal 15 hingga 18 Juli 2024. Mereka terlibat aktif dalam proses belajar mengajar, berbagi ilmu, dan pengalaman dengan siswa-siswi di sekolah. Kedua, mahasiswa PAI turut serta dalam berbagai kegiatan bermanfaat bagi masyarakat luas, terutama remaja dan orang tua di Desa Gattareng.


Program pengabdian masyarakat yang dilaksanakan meliputi pembuatan papan penanda lorong desa, partisipasi aktif dalam kegiatan keagamaan seperti pembacaan Yasin dan ceramah, serta penyelenggaraan lomba voli dan tarik tambang yang melibatkan seluruh warga desa.


Puncak acara PAI Dedication 2024 diadakan di rumah Kepala Desa Gattareng dan dihadiri oleh warga desa. Acara ini menjadi momen berharga untuk mempererat tali silaturahmi antara mahasiswa dan masyarakat, serta memberikan apresiasi kepada semua pihak yang telah mendukung kelancaran kegiatan ini.


Rustan Efendy, Ketua Prodi PAI IAIN Parepare menyampaikan apresiasinya terhadap kegiatan ini. Ia berharap ke depannya, kegiatan ini dapat terus berlanjut dan memberikan kontribusi bagi penguatan kompetensi mahasiswa. “Kegiatan ini bertujuan untuk lebih mengakrabkan mahasiswa dengan realitas pendidikan di masyarakat, sehingga mereka dapat memberikan kontribusi nyata dalam meningkatkan kualitas pendidikan Masyarakat,” ujarnya.


Sementara itu, Nurul Fitra, Ketua HMPS PAI, mengungkapkan harapannya agar kegiatan ini dapat memberikan dampak positif jangka panjang, khususnya dalam meningkatkan minat belajar siswa-siswi MI DDI Abbarange dan kualitas hidup masyarakat Gattareng secara keseluruhan.

"Saya sangat terkesan dengan antusiasme siswa-siswi MI DDI Abbarange, meskipun berada di daerah yang relatif terpencil. Ucapan terima kasih kepada Bapak Rappe selaku Kepala Desa Gattareng atas dukungan penuhnya dan kepada seluruh remaja dan masyarakat yang begitu antusias berpartisipasi dalam kegiatan kami," ujar Nurul Fitra.


Kepala Desa Gattareng, Rappe, memberikan apresiasi tinggi terhadap kegiatan ini dan berharap agar kegiatan serupa dapat terus berlanjut. "Terima kasih kepada mahasiswa PAI yang telah mengabdi di desa kami dan membawa perubahan positif. Semoga anak-anak kami, terutama para remaja, dapat terinspirasi oleh semangat dan dedikasi kalian dalam menuntut ilmu," tutur Rappe. (irm/alf)

di dalam Berita
Irmawati 24 Juli, 2024
Label
Arsip
Masuk to leave a comment