Peringatan Hari Santri Nasional di IAIN Parepare, Menghidupkan Semangat Juang dan Masa Depan

21 أكتوبر, 2024 بواسطة
Hartini
لا توجد تعليقات بعد

Humas IAIN Parepare- Ratusan civitas academica di IAIN Parepare berkumpul untuk mengikuti apel memperingati Hari Santri Nasional yang diadakan di Taman Moderasi IAIN Parepare, Selasa (22/10/2024). Peringatan ini menjadi momentum untuk mengenang peran penting para santri dalam memperjuangkan dan mempertahankan kemerdekaan Indonesia. Tidak hanya dihadiri oleh dosen, tenaga kependidikan, acara ini juga diikuti oleh mahasiswa Ma’had Al-Jami’ah IAIN Parepare.

Wakil Rektor I Saepudin memiliki kehormatan untuk menjadi Inspektur Apel dalam perayaan yang berlangsung hikmat ini. Dalam amanatnya, ia membacakan sambutan dari Menteri Agama yang menyampaikan pesan penting tentang peran santri dalam memajukan negara.

Pada peringatan tahun ini, tema “Menyambung Juang Merengkuh Masa Depan” diangkat sebagai pesan bahwa santri masa kini harus melanjutkan semangat perjuangan pendahulu mereka. Perjuangan yang dulu dilakukan dengan mengangkat senjata, kini berubah menjadi perjuangan melawan ketertinggalan, kebodohan, dan kemunduran dengan mengedepankan ilmu pengetahuan dan inovasi.

Lebih lanjut Saepudin menegaskan bahwa nilai-nilai luhur yang telah diwariskan para pendahulu harus dijaga dan dikembangkan oleh santri masa kini. Santri diharapkan tidak hanya menjaga warisan perjuangan, tetapi juga berkontribusi dalam membangun masyarakat yang lebih maju dan beradab.

Saepudin mengakhiri sambutannya dengan sebuah pesan motivasi. “Rengkuhlah masa depan dengan semangat dan ketekunan. Kuasai ilmu pengetahuan dan teknologi. Teruslah berinovasi dan berkontribusi untuk meraih kegemilangan masa depan Indonesia,” tutupnya.

Sebagai bentuk penghormatan kepada para pahlawan, ulama, dan santri yang telah gugur di medan perjuangan, apel tersebut juga diisi dengan doa bersama. Doa dipanjatkan agar mereka mendapatkan tempat terbaik di sisi Tuhan serta menjadi teladan bagi generasi santri masa kini dan masa depan.(hrt/mif)

Hartini 21 أكتوبر, 2024
علامات التصنيف
أرشفة
تسجيل الدخول حتى تترك تعليقاً