Mahasiswa KKN Posko 29 Berperan Aktif dalam Aksi Gotong Royong Desa Kurrak, Kec. Tapango, Kab. Polman

16 يوليو, 2024 بواسطة
fikruzzamansaleh
لا توجد تعليقات بعد

Humas IAIN Parepare---Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Posko 29 turut berpartisipasi dalam aksi gotong royong bersama Masyarakat Desa Kurrak pada Jumat-Sabtu, 12-13 Juli 2024. Kegiatan ini bertujuan untuk mempererat tali persaudaraan serta mendukung tradisi Mikaju dan Pakede Tenda yang telah menjadi bagian penting dari kehidupan sosial masyarakat setempat.

Gotong royong di Desa Kurrak mencakup dua kegiatan utama, yaitu Mikaju untuk mengambil kayu bakar dari alam sekitar yang akan digunakan dalam acara pesta pernikahan, serta Pakede Tenda untuk mendirikan tenda sebagai tempat memasak. Aksi ini tidak hanya sebagai bentuk bantuan sukarela namun juga sebagai wujud kebersamaan dan kepedulian antarwarga.


Kegiatan berlangsung di kediaman Ibu Telang di Desa Kurrak dan melibatkan sekitar 40 peserta, terdiri dari Masyarakat setempat dan Mahasiswa KKN IAIN Parepare Posko 29. "Kegiatan Gotong ini rutin dilaksanakan setiap ada warga yang ingin mengadakan sebuah acara kegiatan, dan kegiatan ini sudah berlangsung secara turun temurun di desa ini," ujar Sitti Rahmawati, salah satu anggota keluarga Ibu Telang.

Muhammad Yunus M., Mahasiswa KKN di Desa Kurrak, mengungkapkan, "Kearifan lokal masyarakat Desa Kurrak seperti gotong royong ini sudah jarang kita temukan di kehidupan perkotaan. Kita sebagai Mahasiswa KKN patut bersyukur karena bisa turut andil dan merasakan secara langsung aksi gotong royong di Desa Kurrak ini."


Harapan dari kegiatan gotong royong ini adalah agar tradisi ini dapat dipertahankan oleh generasi penerus masyarakat Desa Kurrak. Melalui kolaborasi antara Mahasiswa dan Masyarakat, diharapkan nilai-nilai kebersamaan dan kepedulian terus terjaga dan menjadi bagian yang tak terpisahkan dari kehidupan Masyarakat Desa Kurrak, Kecamatan Tapango, Kabupaten Polewali Mandar. (Fzs/Srh)

fikruzzamansaleh 16 يوليو, 2024
علامات التصنيف
أرشفة
تسجيل الدخول حتى تترك تعليقاً