Mahasiswa Akuntansi Syariah IAIN Parepare Magang di Angkasa Berhad Malaysia

29 يوليو, 2024 بواسطة
Nur Aeni K
لا توجد تعليقات بعد

Humas IAIN Parepare -- Dua mahasiswa Program Studi Akuntansi Syariah IAIN Parepare berangkat ke Malaysia untuk mengikuti program Magang Internasional, sebuah kegiatan kolaborasi antarkampus yang difasilitasi oleh Asosiasi Dosen Akuntansi Indonesia (ADAI), Ahad, (2-7- 2024).

 Berdasarkan proses seleksi dan persyaratan berkas yang harus dipenuhi, Hasfriani Mardatillah dan Lilis Sukasi terpilih sebagai perwakilan dari Program Studi Akuntansi Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Parepare.

Kegiatan Magang Internasional ini berlangsung di Angkatan Koperasi Kebangsaan Malaysia Berhad (ANGKASA), lembaga koperasi tertinggi yang menaungi semua jenis koperasi di Malaysia dan ditunjuk oleh pemerintah Malaysia untuk mewakili negara dalam pertemuan dan kerja sama koperasi internasional.

Magang berlangsung selama satu bulan, dimulai dengan pembekalan _online_ dari 24 Juni hingga 20 Juli 2024, dilanjutkan dengan praktik lapangan di Malaysia dari 21 Juli hingga 28 Juli 2024. Selama magang, peserta diberikan tugas mendampingi penyusunan laporan keuangan UMKM anggota koperasi, mengajar dasar-dasar pengelolaan keuangan kepada santri di pondok pesantren Darul Sakinah, mengenalkan produk industri UMKM di Malaysia, mempelajari tata cara pengelolaan koperasi, perencanaan bisnis, serta melakukan kunjungan ke kampus ternama di Malaysia dan situs-situs bersejarah.

“Banyak pengalaman yang sangat berharga khususnya dalam mengasah kompetensi, praktik keilmuan, dan kemampuan berbahasa asing selama mengikuti kegiatan magang,” ucap Mardatillah, salah satu peserta magang.

Rasa syukur yang mendalam turut dirasakan oleh Lilis Sukasi, yang antusias mengikuti rangkaian kegiatan magang bersama puluhan peserta dari berbagai perguruan tinggi lainnya.

Andi Ayu Frihatni, salah seorang dosen akuntansi yang mendampingi mahasiswa magang dari IAIN Parepare, memberikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada pihak ANGKASA dan ADAI atas sambutan dan pelayanan yang sangat berkesan selama pelaksanaan magang di Malaysia. Menurutnya, program magang ini memberikan banyak manfaat bagi mahasiswa, antara lain pengalaman kerja internasional, wawasan internasional, jejaring yang lebih luas, peluang bekerja di luar negeri, dan mengenal kebudayaan kerja asing.

“Ini menjadi ajang untuk mengimplementasikan ilmu yang telah didapatkan di kampus dan kegiatan seperti ini perlu ditindaklanjuti dalam bentuk kegiatan lainnya di masa yang akan datang,” pungkas Andi Ayu. (Ris/Aen/Tin)

Nur Aeni K 29 يوليو, 2024
علامات التصنيف
أرشفة
تسجيل الدخول حتى تترك تعليقاً