LPM Goes to Fakultas, Pendampingan dan Penyempurnaan Kurikulum Berbasis OBE

4 يوليو, 2024 بواسطة
mahyuddin
لا توجد تعليقات بعد

 

Humas IAIN Parepare_Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) IAIN Parepare di bawah Pusat Pengembangan Kurikulum dan SDM melaksanakan pendampingan penyusunan kurikulum Outcome Based Education  (OBE), Senin s.d. Kamis (1-4/07/2024) di sejumlah fakultas.

Kegiatan dilakukan guna untuk membantu setiap program studi dalam penyelesaian kurikulum berbasis OBE, sehingga kegiatan ini dirancang berkolaborasi dengan pimpinan fakultas dan seluruh ketua program studi lingkup IAIN Parepare.

Ketua LPM, Dr. Muhammad Qadaruddin, M.Sos.I mengungkapkan, bahwa tujuan kegiatan ini untuk menyeragamkan template kurikulum berbasis OBE dalam mendukung pengembangan kualitas pendidikan dan pengajaran di IAIN Parepare.

Muhammad Qadaruddin menambahkan bahwa melalui penyusunan kurikulum OBE, memungkinkan setiap program studi merespons perubahan terhadap lingkungan pengajaran dengan lebih fleksibel dan efektif, sehingga mahasiswa dapat mengembangkan keterampilan yang relevan.

Sementara itu, Kepala Pusat Pengembangan Kurikulum dan SDM, Fajriyani mengungkapkan, dengan terselesaikannya kurikulum OBE mahasiswa IAIN Parepare mendapatkan pengetahuan dan keahlian dalam proses pelaksanaan pendidikan.

“Harapannya, lulusan IAIN Parepare siap terjun ke dunia industri setelah mendapatkan bekal pendidikan yang cukup selama mendapatkan pembelajaran di IAIN Parepare,” ungkapnya.

LPM melaksanakan pendampingan untuk pemutakhiran kurikulum berbasis OBE. Hal tersebut tidak saja untuk kebutuhan akreditasi, tetapi juga bagaimana menghadirkan RPS yang telah memuat integrasi keilmuan, integrasi penelitian dan pengabdian masyarakat dalam pembelajaran yang dapat mengarahkan mahasiswa menjadi produktif, sehinga mereka menciptakan sesuatu hal yang aplikatif sesuai dengan materi pembelajaran.

Outcome Based Education (OBE) adalah pendidikan yang berpusat pada outcome bukan hanya materi yang harus diselesaikan. OBE mengukur hasil pembelajaran (Outcome) dan memungkinkan mahasiswa untuk mengembangkan keterampilan baru yang mempersiapkan mereka pada level global. Dengan demikian, OBE adalah pendekatan yang menekankan pada keberlanjutan proses pembelajaran secara inovatif, interaktif, dan efektif (Mhy/Mif).




mahyuddin 4 يوليو, 2024
علامات التصنيف
أرشفة
تسجيل الدخول حتى تترك تعليقاً