KKN Reguler 35 Posko 10 Ikut Membersamai Proses Pembuatan Golla Kambu Khas Mandar di Desa Mammi, Kec. Binuang

15 يوليو, 2024 بواسطة
fikruzzamansaleh
لا توجد تعليقات بعد

Humas IAIN Parepare---Desa Mammi, Kec. Binuang, Kab. Polewali Mandar – Pada Sabtu, 13 Juli 2024, Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Reguler 35 Posko 10 turut serta dalam proses pembuatan Golla Kambu, jajanan khas Mandar, di rumah Suryati, salah satu warga setempat. Kegiatan ini bertujuan untuk mempelajari dan mendukung pelestarian makanan tradisional yang memiliki nilai budaya dan ekonomi tinggi.

Kegiatan pembuatan Golla Kambu ini dilaksanakan di Desa Mammi, Kecamatan Binuang, dan diikuti oleh 16 peserta KKN. Bersama Suryati dan Mardia, para Mahasiswa KKN memulai proses pembuatan gula aren menjadi Golla Kambu, mulai dari tahap memasak hingga pengemasan. Dengan bimbingan masyarakat setempat, kegiatan ini berjalan dengan lancar.

Suryati, pembuat Golla Kambu khas Mandar, menjelaskan bahwa proses pembuatan Golla Kambu biasanya memakan waktu sehari dan dapat menghasilkan sekitar 300 buah. "Proses memasak membutuhkan waktu sekitar dua jam dengan pengadukan terus-menerus hingga matang sempurna. Setelah itu, Golla Kambu diangkat dan dibungkus saat masih panas agar hasilnya terkemas dengan baik," ujar Suryati.


Melalui kegiatan ini, Mahasiswa KKN tidak hanya belajar tentang teknik pembuatan Golla Kambu tetapi juga memahami nilai-nilai budaya yang terkandung dalam proses pembuatan makanan tradisional tersebut. Mereka berharap bahwa Golla Kambu dapat dipasarkan secara luas ke seluruh kota di Indonesia, baik melalui media, pasar tradisional, maupun pasar internasional.

Kegiatan ini tidak hanya mempererat hubungan antara Mahasiswa KKN dan masyarakat setempat, tetapi juga berkontribusi dalam melestarikan dan mempromosikan kuliner khas Mandar. Dengan kolaborasi yang baik antara mahasiswa dan warga, diharapkan Golla Kambu dapat dikenal dan dinikmati oleh lebih banyak orang di masa mendatang.

Terkait dengan dokumentasi, Mahasiswa KKN diharapkan untuk mengirimkan minimal tiga foto dalam format landscape yang menunjukkan kegiatan tersebut, dengan catatan agar terlihat rompi KKN dan menghindari momen merokok. Foto-foto ini akan digunakan untuk mempromosikan kegiatan dan makanan khas Mandar, Golla Kambu, ke berbagai platform. (Fzs/Srh)

fikruzzamansaleh 15 يوليو, 2024
علامات التصنيف
أرشفة
تسجيل الدخول حتى تترك تعليقاً