IAIN Parepare Gelar Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila, Teguhkan Komitmen Terhadap Ideologi Bangsa

1 أكتوبر, 2024 بواسطة
Nur Aeni K
لا توجد تعليقات بعد

Humas IAIN Parepare—Institut Agama Islam Negeri  Parepare menyelenggarakan upacara bendera untuk memperingati Hari Kesaktian Pancasila, Selasa (01-10-2024) di Taman Moderasi IAIN Parepare. Upacara tersebut berlangsung lancar dan khidmat, dihadiri oleh seluruh pimpinan, dosen, tenaga kependidikan, dan honorer. Kegiatan ini mencerminkan semangat civitas academica IAIN Parepare dalam mengenang perjuangan para pahlawan bangsa, memperkokoh persatuan, serta menjaga ideologi Pancasila demi keutuhan bangsa.

 

Peringatan hari Kesaktian Pancasila Tahun 2024 mengusung tema “Bersama Pancasila Kita Wujudkan Indonesia Emas.” Upacara dimulai pukul 07.30 Wita, diawali dengan mengheningkan cipta, dilanjutkan dengan pembacaan naskah Pancasila oleh Pembina Upacara yang diikuti seluruh peserta. Setelah itu, dilaksanakan pembacaan naskah Pembukaan Undang–Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 dan ikrar Kesaktian Pancasila, yang mengukuhkan komitmen seluruh rakyat Indonesia untuk mempertahankan dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila sebagai sumber kekuatan bangsa. Upacara diakhiri dengan pembacaan doa.

 

Rektor IAIN Parepare, Prof. Dr. Hannani, M.Ag., bertindak sebagai pembina upacara. Dalam sambutannya, Hannani menyampaikan bahwa upacara ini merupakan bentuk implementasi semangat Pancasila di lingkungan perguruan tinggi. “Kita melaksanakan upacara Hari Kesaktian Pancasila untuk meneguhkan kembali komitmen terhadap Pancasila sebagai ideologi bangsa,” ungkap Rektor Hannani. Ia juga menambahkan, “Sebagai dosen, kita memiliki tanggung jawab menanamkan nilai-nilai Pancasila kepada mahasiswa. Nilai-nilai Pancasila harus diintegrasikan dalam pendidikan dan pengajaran di setiap disiplin ilmu, agar mahasiswa tidak hanya memahami teori, tetapi juga mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari. Begitu pula, tenaga kependidikan harus berperan aktif dalam mendukung penerapan nilai-nilai tersebut di lingkungan kampus.” (aen/Tin)

Nur Aeni K 1 أكتوبر, 2024
علامات التصنيف
أرشفة
تسجيل الدخول حتى تترك تعليقاً