CDC IAIN Parepare Selenggarakan Coaching Career untuk Alumni Fresh Graduate

15 أغسطس, 2024 بواسطة
mahyuddin
لا توجد تعليقات بعد

Humas IAIN Parepare, Career Development Center (CDC) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Parepare kembali menunjukkan komitmennya dalam mendukung karier alumni dengan menyelenggarakan sesi coaching career khusus untuk alumni fresh graduate. Acara yang berlangsung selama dua hari, (14-15/08/2024) mengusung tema soft skill unggul fondasi dalam menaklukkan dunia kerja.

Kegiatan ini dilaksanakan di Ruang Perpustakaan Lantai 5 Kampus IAIN Parepare dan dihadiri oleh 403 alumni yang akan diwisuda akhir Agustus bulan ini. Coaching Career ini dipandu oleh Tim CDC IAIN Parepare yang bertujuan untuk membekali para lulusan dengan keterampilan dan pengetahuan yang dibutuhkan untuk sukses dalam dunia kerja.

Rektor IAIN Parepare, Prof. Dr. Hannani, M.Ag dalam sambutannya menekankan pentingnya kesiapan para alumni fresh graduate untuk menghadapi tantangan dunia kerja yang semakin kompetitif. 

"Sebagai lulusan baru, kalian harus siap menghadapi realitas dunia kerja yang penuh dengan dinamika. Tidak hanya keahlian teknis, tetapi juga keterampilan non-teknis seperti kolaborasi dan adaptabilitas sangat dibutuhkan," ujar Prof. Hannani.

Rektor IAIN Parepare tidak luput mengapresiasi langkah CDC IAIN Parepare dalam menyelenggarakan coaching career ini, yang dianggapnya sebagai inisiatif penting dalam membantu alumni mempersiapkan diri. "Program ini sangat relevan, terutama di tengah persaingan yang semakin ketat di dunia kerja. Saya berharap, melalui coaching ini, para alumni tidak hanya memperoleh pengetahuan baru, tetapi juga keyakinan dan motivasi untuk terus berkembang," tambahnya.

Sementara itu, Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan dan Kerja Sama, Dr. M. Ali Rusdi, S.Th.I., M.H.I mengungkapkan bahwa memasuki dunia kerja bisa menjadi tantangan tersendiri bagi para lulusan baru. Maka hadirnya CDC dapat menjadi wadah bagi alumni berkonsultasi untuk mempersiapkan diri dengan baik ketika melamar kerja.

M. Ali Rusdi mengingatkan para alumni bahwa tantangan di dunia kerja tidak hanya datang dari luar, tetapi juga dari diri sendiri. "Tantangan terbesar adalah bagaimana kalian terus mengembangkan diri, memperbaiki mentalitas dan beradaptasi dengan perubahan. Dunia kerja saat ini menuntut kita untuk selalu belajar, berinovasi, dan tidak cepat puas dengan apa yang sudah dicapai," tuturnya.

Di akhir sambutannya, Wakil Rektor III IAIN Parepare mengajak seluruh alumni untuk menjadikan coaching career ini sebagai momentum awal dalam perjalanan karier mereka. "Gunakan kesempatan ini sebaik mungkin. Jadilah lulusan yang tidak hanya siap bekerja, tetapi juga siap berkompetisi," pungkasnya.

Dalam sesi coaching ini, Tim CDC memberikan materi berbagai topik penting, mulai dari penyusunan CV dan surat lamaran yang efektif, strategi wawancara kerja, hingga pengembangan soft skills seperti komunikasi, critical thinking dan problem solving, kolaborasi dan manajemen waktu serta kreatifitas.

Setelah kegiatan ini, para alumni akan diberikan kelas career clinic yang bersifat personal dan disesuaikan dengan kebutuhan alumni. Mereka akan dibekali bagaimana trik dan tips wawancara kerja, mengevaluasi minat dan kemampuan, serta merencanakan langkah-langkah konkrit untuk mencapai tujuan karier mereka (Mhy/Mif).


 

mahyuddin 15 أغسطس, 2024
علامات التصنيف
أرشفة
تسجيل الدخول حتى تترك تعليقاً