580 Maba IAIN Parepare Ikuti LKPKM, Siap Kembangkan Potensi Diri

3 أكتوبر, 2024 بواسطة
Jihan Putri Umairah
لا توجد تعليقات بعد

Humas IAIN Parepare -- Dewan Eksekutif Mahasiswa (Dema) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Parepare resmi membuka Latihan Kepemimpinan dan Pengembangan Karakter Mahasiswa (LKPKM), Kamis (03/10/2024) di Auditorium IAIN Parepare.

Kegiatan ini mengusung tema "Membangun Jiwa Kepemimpinan Demi Mewujudkan Mahasiswa yang Bermoral dan Berintelektual". Kegiatan tersebut dijadwalkan berlangsung dari tanggal 3 hingga 6 Oktober 2024, dengan jumlah peserta 580 orang.

Program Latihan Kepemimpinan dan Pengembangan Karakter Mahasiswa (LKPKM) ini bertujuan untuk menggali dan mengasah potensi kepemimpinan yang ada dalam diri setiap mahasiswa baru (maba). Selain itu, kegiatan ini juga difokuskan pada penguatan karakter moral dan intelektual mahasiswa, sehingga diharapkan mampu menciptakan generasi muda yang tidak hanya unggul dalam akademik, tetapi juga memiliki etika dan nilai-nilai moral yang tinggi dan tentu nya LKPKM menjadi salah satu sarana penting bagi mahasiswa baru untuk mendapatkan wawasan serta keterampilan kepemimpinan yang berguna bagi kehidupan kampus dan masa depan mereka.

Ketua Panitia LKPKM, Muhammad Nur Syafi'i mengatakan, kegiatan ini bukan hanya sekadar pelatihan kepemimpinan, tetapi juga sebuah wadah yang bertujuan untuk meningkatkan potensi mahasiswa dari berbagai sisi, termasuk kemampuan intelektual, integritas pribadi, serta _soft skills_ yang akan berguna di dunia akademik maupun profesional. Selain itu, LKPKM juga bertujuan untuk membangun minat dan keterlibatan mahasiswa dalam berorganisasi. 

"Kami sangat berharap bahwa melalui program ini, para peserta akan dapat lebih memahami pentingnya berorganisasi dan bagaimana organisasi dapat membantu mengasah kemampuan mereka," jelasnya.

Ia juga mendorong seluruh peserta agar aktif terlibat selama kegiatan berlangsung, mengingat manfaat besar yang akan mereka peroleh dari pengalaman berharga ini.

"Dengan partisipasi yang aktif, saya yakin para peserta akan mendapatkan keterampilan dan pengetahuan yang berguna untuk masa depan mereka, baik di dalam maupun di luar kampus," tambahnya.

Ketua Dema-I, Muhammad Risal S, menjelaskan bahwa LKPKM merupakan kegiatan tahunan yang sangat penting dalam membentuk karakter dan kepribadian mahasiswa baru. "Setiap tahun, LKPKM diselenggarakan sebagai sarana untuk mengembangkan jiwa kepemimpinan mahasiswa baru. Mahasiswa memiliki posisi krusial di IAIN Parepare, dan kegiatan ini membantu mereka untuk memahami peran penting tersebut," ungkapnya.

Dia juga menekankan agar para peserta memanfaatkan kesempatan ini dengan baik. "Saya berharap kalian menjalani proses ini dengan penuh antusiasme, karena IAIN Parepare menyediakan banyak wadah untuk mendukung perkembangan kalian," imbuhnya.

Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama, M. Ali Rusdi, menegaskan betapa pentingnya proses dalam membangun dan mengembangkan diri. "Mengikuti kegiatan seperti ini adalah keharusan bagi siapa saja yang ingin maju. Kesuksesan tidak akan datang tanpa usaha dan proses, oleh karena itu selesaikanlah LKPKM ini dengan penuh komitmen. Bagi yang masih belum menemukan potensi diri, pelatihan ini akan sangat membantu," tutup Ali Rusdi. (jhn/alf)

Jihan Putri Umairah 3 أكتوبر, 2024
علامات التصنيف
أرشفة
تسجيل الدخول حتى تترك تعليقاً